Romantisme Lagu Sheila



“kuawali hariku dengan mendoakanmu agar kau selalu sehat dan bahagia di sana
sebelum kau melupakanku lebih jauh,sebelum kau meninggalkanku lebih jauh “
            Sepenggat lirik lagu dari maestro musik asal Yogyakarta beridentitas sebagai Sheila on 7 dengan judul lagunya “pemuja rahasia”. Yak,lirik  lagu ini memang begitu membekas di benak saya,saya tersadar dan mengerti bahwasannya cinta sejati itu berawal dari sebuah do’a,bukan hanya kalimat cinta,i love you,aku sayang kamu semata. Lebih dari itu, semuanya dari do’a ketika kita sudah berani memasukkannya dalam alunan sendu do’a kita selepas beribadah maupun disela aktifitas kita. Romantis bukan? Hehehe memang bukan kata cinta tapi menyiratkan di dada makna cinta sesungguhnya.


            Kata-katanya begitu sederhana namun syarat makna yang begitu dalam. Itulah Sheila on 7. Band legendaris di era 90’an sampai 2000’an awal yang kini mulai terkikis oleh industri musik Indonesia. Walaupun begitu, saya disini tidak akan membahas tentang Sheila on 7 melainkan beberapa karya yang mampu mendebarkan jiwa,membangkitkan naluri saya untuk tetap mendengarkan lagu-lagunya meskipun dibilang jadul karna itu ngehits disaat saya mungkin masih taman kanak-kanak ataupun beranjak mengenal sekolah dasar.

            Lagu berikutnya yang saya ingin kuakkan disini  ialah “sahabat sejati”. Saya pikir ini adalah satu-satunya lagu yang mampu menginterpretasikan persahabatan di masa abg untuk masa yang lama bahkan bisa saja selama-lamanya. Mengapa begitu? Bagi anda yang sudah pernah mendengarkan lagu ini pasti punya perasaan yang sama akan opini saya barusan. Irama lagunya menghentak-hentak,mengekspresikan semangat anak muda yang masih semangat –semangatnya mengarungi derai hidup. Tak hanya itu lagu ini juga dibumbui aroma kesombongan yang terkadang sering muncul di jiwa anak muda yang masih labil. Dengan kotak sejuta mimpi aku datang menghampirimu,kuperlihat semua hartaku,kita s'lalu berpendapat kita ini yang terhebat kesombongan di masa muda yang indah, aku raja kaupun raja,aku hitam kaupun hitam,arti teman lebih dari sekedar materi” Baris terakhir begitu mengena bukan??? Romantis.
           
Beberapa hari ini saya sedang sering mendengarkan lagunya Sheila yang berjudul “Untuk Perempuan”. Mungkin bagi anda yang tidak membeli album lengkap Sheila on 7 sebelumnya pasti tidak akan kenal sama lagu  yang satu ini. Sama dengan saya,lagu ini memang tidak dilempar jadi single sepertinya. Mohon maaf ,tapi jujur saja sebelumnya saya tidak kenal sama sekali lagu ini,kalau bukan karna acara iseng-iseng berselancar di internet kemudian ada nama judul lagu ini  disematkan nama Sheila on 7 dibawahnya di salah satu situs download,saya tidak akan pernah tahu. Sama seperti judulnya,lagu ini memang ditujukan untuk perempuan yang lagi sulit move on dari 2 sosok laki-laki. Namun,lagu ini bercerita tentang sebuah hal romantis,dimana pada dasarnya cinta itu tidak perlu dikejar untuk kaum perempuan,cinta itu akan datang dan kembali dengan sendirinya jikalau telah pergi. Tidaklah mawar hampiri kumbang”  istilah dalam salah satu baris syairnya. Saya pikir wanita benar-benar akan move on habis mendengar lagu ini,karna syairnya yang realistis namun tetep romantis akan menguatkan perasaan perempuan. Saya sungguh merekomendasikan lagu ini buat kalian para perempuan.
            Lagu berikutnya yang tidak kalah romantis lagi ialah,”itu aku”. Sebuah lagu bagi para mereka yang sedang menanti-menanti sosok yang dicintainya namun belum datang jua. Menurut saya  semua lirik di lagu ini romantis semua.  Jadi tidak saya ketikan,kalau anda penasaran silakan menggoogling sendiri. Bagaimana tidak? Lagu ini seperti gambaran seorang yang melakukan penantian dengan ikhlas dan sabar nan tak berhenti memuji yang dikasihinya,dengan mengerti semua hal tentangnya. Romantis.
            “temani aku”,itulah sepenggat lagu berikutnya yang bagi saya romantis.  “Bagiku kau bintang
,selayaknya puisi,tetaplah di sini peri kecilku” Sedikit,sederhana,dan tetep aja romantis,dengan diiringi alunan akustikan. Itulah Sheila on 7.
            Lagu berikutnya bertajuk “Bila kau tak disampingku”. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang berani mengakui kesalahannya dan begitu sadar kalau dia bukanlah baik namun begitu menyayangi. Berikut bagian chorusnya,
“Tak'kan kubiarkan kau menangis
Tak'kan kubiarkan kau terkikis
Terluka perasaan oleh semua ucapan ku
Maafkanlah semua sifat kasar ku
Bukan maksud untuk melukai mu
Aku hanyalah orang yang penuh rasa cemburu
Bila kau tak di samping ku”
            Mengesankan bukan ? Itu pertanda sebuah pengakuan dari seseorang yang benar-benar mengenal cinta seutuhnya. Lagu ini juga memiliki beat yang cukup ciamaik menurut saya,dengan ketukan drum yang terdengar merdu sembari diselingi petikan gitar dari Eross Candra. Yak inilah hal yang memang menjadi senjata bagi Sheila on 7 sejak dahulu kala. Sejak album pertama sampai yang ke delapan mereka di bawah naungan Sony Music Indonesia. Sebelum akhirnya memutuskan untuk berkarir secara independen beberapa waktu yang lalu.
            Senjata itu juga terlihat sangat nyata pada single terbaru mereka yang bertajuk “Lapang Dada” dari album Musim Yang Baik yang mereka rilis di tahun 2014 lalu. Bagi saya lagu ini merupakan sebuah revolusioner dari karya band asal Jogja ini. Mengapa? Lagu ini didesain dengan tampilan yang begitu fresh dan menyegarkan bagi para penikmat musik. Memang tidak seromantis lagu cinta mereka yang lain. Namun saya pikir lagu ini punya makna yang dalam,dan juga sebagai imun/nasehat bagi mereka yang harus kehilangan sang kekasih.  Atau orang disekitar yang amat di cintai. Lihat saja bagian chorusnya,
 “ Kau harus bisa,bisa,berlapang dada
Kau harus bisa,bisa,ambil hikmahnya
Karena semua,semua tak lagi sama
Karena kau tahu dia pun merasakannya”
            Bagi saya ini romantis,sebab tiada lagu sederhana yang dengan gamblang memberi nasehat seperti ini,singkat,padat,jelas. Seperti berita saja. Ya begitulah.  Tidak ada yang lain,selain Sheila on 7. Apalagi ditengah persaingan industri musik yang sekarang lebih banyak mengarah ke musik “EDM” (Electronic Dance Music) atau kalo saya biasa sebut elektronik dugem musik,ya karna genre musik ini ditujukan buat orang yang suka dugem. Dan tak disangka-sangka yang sekarang begitu mendunia.

            Ngomong-ngomong udah berapa lagu ya? Mari kita recap yuk! Eh emangnya ini acara musik apa? Ini kan ketikan blog,goblog!
            Oke,lagu berikutnya apa ya? Bentar mikir dulu ah...











            Eh iya, lupa saya sama lagu hits yang satu ini. Padahal ini jadi yang pertama yang romantis dari Sheila on 7. Apa ya? Inget single pertama dari band ini kagak? Oke buat kamu pembaca ketikan ini yang lahir  ditahun 97’an kebawah pasti kurang begitu tahu. Karna ini udah ngehits sebelum anda,kamu lahir. Judul lagu itu ialah taaa... raa... tretetetetttt.... *sambiljungkirbalikdulu “ Anugerah Terindah Yang Pernah Ku Miliki” *kecapean
Buat para lelaki yang pengen nggombalin gebetan,atau pacar,atau siapa pun,lagu ini bisa jadi pilihan. Hahaha...
Kalau meresapi liriknya nggak kebayang tuh,melelehnya hati perempuan...  Dijadikan yang terindah yang pernah dimiliki.

            Hmm,saya pikir sekian dulu pemaparan saya pada ketikan ini. Saya pikir ini bukanlah pemaparan yang begitu detail,karna mungkin masih ada lagi lagu lain dari Sheila on 7 yang belum saya jelaskan keromantisannya disini. Saya memang tidak menganggap ini sebagai yang terbaik apalagi sempurna. Maka dari itu,sebagai sosok yang mau terjun bebas ke angkasa murka atau realita sebenarnya. Apaan ini? Saya meminta kontribusi kamu sebagai pembaca untuk menyarankan kepada saya lagu mana lagi yang menurut kamu romantis,dan saya jadikan masukan. Taruh semua itu dikolom komentar,atau bisa menghubungi saya via Pesbuk diatas tuh. Terimakasih. Sampai jumpa. *cling

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamatkan Lahan Gambut, Bencana Indonesia Surut

Desain Kartu Anggota Osis SMK N 1 Purwodadi