Fight For National Univercity #Chapter1 #SemuaBermula



BPUN 2015!
Student Today,Leader Tomorrow...

IPNU IPPNU!
Belajar... Berjuang... Bertaqwa...

Sanlat Kudus!
Kami... Siap... Masuk... PTN...

            Itulah 3 jargon andalan yang sering dikumandangkan dalam setiap kegiatan BPUN Kudus 2015. 3 jargon pelecut semangat kami,3 jargon interpretasi niat kami,dan tentunya 3 jargon yang akan selalu kami kenang dalam perjalanan kami menuju universitas idaman kami. Kami, para peserta Bimbingan Pasca Ujian Nasional Kudus 2015.



            Weh? Asek nggak tuh,kata-kata pengantar saya di ketikan yang satu ini? Kayak pejuang beneran kan? Walaupun masih amatiran hahaha...
Beberapa hari yang lalu saya dan rekan/rekanita seperjuangan saya di BPUN Kudus baru saja melewati sebuah perang dunia pertama dalam perjuangan kami mewujudkan cita-cita kami untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri dambaan. Perang tersebut berjuluk SBMPTN 2015. Sebuah ajang seleksi bagi mereka yang berniat masuk perguruan tinggi negeri se-Indonesia untuk kategori jenjang Strata 1.

Sebelum sampai kesitu,buat orang yang baca ketikan ini. Kamu tahu nggak sih apa itu BPUN 2015? Kamu tahu nggak sih apa itu IPNU IPPNU?
Kamu tahu nggak sih?
Kamu tahu nggak sih?
Kamu tahu nggak sih?
Lhoh kok malah ngendors acara tv sebelah?
Hahaha bukan-bukan,saya bukan brand ambassador manapun baik acara maupun produk. Curhat bosss? Nggak asik lu.

            Yah ini udah mulai ngelantur aja ya? Oke, saya akan jelasin itu semua sesuai dengan kapabiliti saya sebagai seorang peserta BPUN Kudus 2015.
           
            BPUN atau kalo dijabarin berubah jadi Bimbingan Pasca Ujian Nasional merupakan sebuah program dari yayasan Mata Air Foundation (Organisasi non-profit yang concern di bidang pendidikan)  yang difungsikan untuk menjembatani para muda mudi yang baru saja jalanin Ujian Nasional. Untuk mereka bersiap-siap menghadapi perang yang saya juluki diatas tadi,SBMPTN 2015 selama kurang lebih satu bulan. Sebenernya nggak cuman itu aja sih,konon kalo nggak lolos di SBMPTN,panitia BPUN akan coba membantu menjembatani pula untuk masuk PTN lewat jalur (UM) Ujian Mandiri Universitas yang dituju. Program ini awalnya bernama Sanlat (Pesantren Kilat) namun berubah istilah mulai tahun 2013 jadi BPUN. Pada program ini,kami para peserta tidak hanya mendapatkan ilmu-ilmu mainstream untuk persiapan SBMPTN 2015 aja,kami juga dapat ilmu agama,kepemimpinan,kebersamaan,dan banyak sosialisasi dari para pengisi program ini yang membelalakkan mata saya atas hiruk pikuknya perguruan tinggi negeri di lingkup Jateng dan DIY. Untuk tahun ini kabarnya BPUN terselenggara di 50 kota se-Indonesia,dan pada tahun sebelumnya 60 kota. WOW??? *tepukpakekaki Udah sih segitu aja yang saya ngerti tentang BPUN ini,lanjut untuk IPNU dan IPPNU.
            IPNU alias Ikatan Pelajar Nahdathul Ulama dan IPPNU tinggal nambahin kata Putri untuk huruf P kedua pada singkatannya. Merupakan salah satu organisasi sayap bikinan Nahdathul Ulama yang concern pada kepemudaan terutama pelajar. Udah itu aja,maklum saya bukan anggota dan baru kenal juga waktu ikut program ini,sebelumnya sih udah tahu tapi belum sempet buat ngepoin. Hehehe....

            Nah,sekarang udah kenalkan sama programnya? Kalo udah ngenal mari kita pedekatean wkwkw Maap rada ngaco nih yang ngetik hahaha.

Semua dimulai di bulan April yang lalu. . . .

            Berawal dari grup pesbuk baruku,dia komen dengan tiba-tiba... (pake nada lagu Gigi yang berjudul Facebook) Saat itu saya mengirimkan sebuah pertanyaan di dinding sebuah grup pesbuk yang isinya ngebahas SNMPTN dan SBMPTN 2015. Disitu saya bertanya,”apakah ada bimbingan belajar diregional Jateng dan DIY yang biayanya relatif terjangkau untuk persiapan SBMPTN?”.
Dari kiriman itu,banyak komentar-komentar yang mendarat pada notifikasi pesbuk saya. Mulai dari ada yang menyarankan saya belajar mandiri dengan mengandalkan pembahasan-pembahasan dari blog Pak Anang,hingga yang nyaranin bimbel ke Ganesha Operation maupun Neutron yang padahal kalo ditaksir biayanya mencapai jutaan rupiah untuk jangka waktu kurang lebih hanya sebulan. Namun disela-sela banyaknya komen itu,ada sebuah komen yang mencuatkan rasa ketertarikan saya. Komen itu berasal dari seseorang yang akhirnya menjadi rekanita seperjuangan saya di BPUN Kudus 2015. Ketika itu dia menyarankan saya untuk gabung dengan yang namanya BPUN,saya nggak ngertikan apa itu BPUN? Makanankah? Minuman? Atau cuman mainan? Saya rasa tidak.
Karna rasa ingin tahu saya itu,saya akhirnya nyasar di website resminya Mata Air Foundation,organisasi yang menjadi dalang dari program BPUN. Diwebsitenya,ternyata ada banyak kota yang ada program BPUNnya. Total jumlahnya seperti yang saya bilang tadi. Dari situ saya nyari-nyari kemanakah saya akan berlabuh untuk mengikuti program BPUN ini,dan akhirnya tersudutlah dua kota yang akan menjadi pelabuhan saya. Antara Semarang atau Kudus. Setelah jajak pendapat dengan ibu saya,saya akhirnya memilih Kudus sebagai lahan persiapan diri untuk SBMPTN 2015 dengan beberapa alasan.
Selasa,28 April 2015,perjalanan untuk BPUN,persiapan perang di ajang SBMPTN dimulai. Selasa pagi,habis sholat Subuh saya langsung mandi,jarang-jarang nih saya mandi serajin dan sepagi gitu. Biasanya malah jarang mandi hahaha. Buat apa sih lo nglakuin itu? Itu saya lakukan untuk tes seleksi masuk BPUN Kudus. Tesnya kan dimulai jam 9 pagi (walaupun pada kenyataannya molor hingga pukul 11) Namun saya bersyukur berkat budaya orang Indonesia yang satu ini saya nggak jadi telat untuk mengikuti tes. Perjalanan Purwodadi – Kudus relatif ditempuh dengan Bus Umum dengan durasi kurang lebih dua jam. Maka dari itu saya mandi habis Subuh biar bisa berangkat jam setengah 6. Nggak disangka-sangka angkot di daerah saya pada waktu itu masih pada ngebo pukul segitu,supirnya maksudnya. Akhirnya saya sampai terminal itu sekitar hampir pukul 7 pagi. Maklum jalanan macet banget udah kayak Jakarta aja,itu ya gara-gara banyak jalan yang lagi dipermak. Saya sudah punya firasat kalo saya bakalan telat nih nantinya. Dan firasat saya terrealisasikan,saya nyampe terminal Kudus jam setengah 10,gile udah keblabasen banget. Maka dari itu saya langsung saja konfirmasi ke panitianya kalo saya terlambat sembari  dalam hati terus berdo’a agar tesnya belum dimulai. Alhamdulillah do’a saya didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT,tesnya belum dimulai! Lekas saja saya naik angkot hijau dan turun di alun-alun kota Kudus. Kemudian naik becak sebentar,dan akhirnya mendarat dengan selamat di depan PC NU Kabupaten Kudus.

Sesampainya disana saya rada bingung,kok sepi gini kantornya? Mana peserta tesnya? Adanya kok malah bapak-bapak? Apakah mereka juga calon peserta BPUN? Kebingungan saya terjawab sehabis saya nanya ke salah satu babak-bapak,bahwasanya tesnya itu ada di atas (lantai 2). Pantes sepi...
Di atas ternyata sudah banyak peserta tes yang mulai menggila karna tesnya tak kunjung dimulai. Disitu saya malah bersyukur hehe.. Saya masuk deh ke ruangan,masuk sendirian,diliatin banyak orang,bertampangkan muka-muka pecundang,yang kalo disapa bisanya cuma cengingisan. Eh tapi ternyata ada yang terlupa,saya lupa daftar ke panitianya yang ada di depan ruangan. Udah kayak maling aja kan slonang-slonong masuk ke ruangan. Ketika mau daftar,saya sebelumnya disapa dulu sama seseorang pria berpenampilan nyentrik dengan rambut ikal gondrongnya dan kacamatanya yang nampak asing bagi saya,yang kini saya kenal dengan Mas Abu (bernama lengkap Abu Hasan Asyari) menjabat sebagai Manajer Kota IPNU Kabupaten Kudus.
 “Darimana dek?”
 “Dari Purwodadi Mas”,jawab saya.
            Habis daftar saya kembali ke ruangan tes,dan didepan ternyata udah ada Mas Abu yang sedikit bersosialisasi tentang program yang satu ini. Di saat itu pula panitia ngasih tau,buat peserta tes yang duduknya dibelakang diperintahkan maju ke depan untuk mengisi bangku yang kosong,bukan hati yang kosong lho yaa... *krikkrikkrik Otomatis saya harus kedepan karna tempat duduk saya berada dibarisan yang cukup terbelakang. Di depan saya ketemu dengan dua orang laki-laki,yang di BPUN sebagai komandan kelas IPS dan yang satunya rekan yang terobsesi banget sama kecantikan tentor Matematika IPS di BPUN. Mereka ialah Anwar dan Yushar. Waktu itu kita masih saling cuek gitu,cuman bisa lirak-lirik dan hanya ngomong sepatah dua patah kalimat,suasana belum mencair sama sekali. Memangnya di dalam kulkas ya ?

Tes selesai sekitar pukul setengah dua siang,gile saya laper banget tuh waktu itu. Perut ini kayaknya udah berdzikir aja. Tapi saya nggak bisa langsung makan,saya putuskan segera balik ke terminal dan nanti makannya di terminal aja. Sehabis makan di terminal,saya baru tahu ternyata bis arah Purwodadi pukul segitu udah nggak ada di terminal. Gawat! Gimana saya pulang nih? Bingungkan? Untungnya waktu itu ada seorang peri yang membantu saya. Sayangnya peri itu berpenampilan bapak-bapak tukang becak hahaha. Saya dianterin sampai daerah Tanjung,dan katanya kalo udah nggak ada bis ke Purwodadi,saya akan dianterin sampai rumah. Duh so sweetnya,sayang dia cowok ya... Alhamdulillah masih ada bis juga,saya bayar deh tuh ongkos becak lalu saya naik bis. Di bis perjuangan saya untuk pulang ternyata belum berakhir,hal itu terjadi karna saya harus menunggu kurang lebih 2 jam hingga bis itu berangkat dari Tanjung. Dan rupa-rupanya itu adalah last edition coy,kalo saya nggak ikut naik saya nggak pulang.

Alhamdulillah sampai di rumah maghrib,saya bener-bener lumayan tepar tuh saat itu. Gimana ya hasil tesnya? Apakah saya lolos BPUN Kudus? Haha kayak sinetron aja. Walau begitu ketikan ini saya bikin model chapter,sebuah istilah yang biasa dipake buat serial Manga. Nah.... dan ini baru chapter 1,baru permulaan. Masih ada chapter-chapter berikutnya yang InsyaAllah akan segera menyusul untuk saya postingkan...

Komentar

Unknown mengatakan…
Serial kedua tayang kapan gan hehe
nayotom mengatakan…
InsyaAllah malam ini ndan,dinantiin aja...
membuat donat kentang mengatakan…
mantab gan, kereeeen
nayotom mengatakan…
Trimakasih gan.
Unknown mengatakan…
Joss gan besok lg ya chapternya
nayotom mengatakan…
alhamdulillah,terimakasih. Chapter III baru aja rilis gan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Memotong Klip Video di Adobe Premiere

Selamatkan Lahan Gambut, Bencana Indonesia Surut