Fight For National Univercity #Chapter7 #UsahaKaliKedua



                       Leganya,tanggal 23 dan 24 Juni 2015 berlalu juga. Perang perjuangan demi masuk universitas negeri idaman untuk kali kedua bagi saya di bulan ini. Lelah benar-benar terasa,sesampainya di rumah aku lunglai tak berdaya. Ucapan terima kasih takkan pernah ku lupa untuk mengutarakannya,kepada salah satu teman baik saya yang kuliah di salah satu sekolah tinggi di Jogja yang bernama Indah dan teman sekosnya,yang sering dipanggil Indah kalo saya denger tuh ‘Flow’,tapi nama aslinya sendiri saya benar-benar kagak tahu. Flow ini dari Bangka,gila bener deh tuh perjuangan menuntut ilmunya,empat jempol deh,jempol tangan sama sepasang jempol kaki. Dan faktanya pula dia belum pernah pulang kampung semenjak ospek pertama sebagai mahasiswa. Tambah salut saya.


            Pengantarnya cukup sekilas itu aja ya. Oh iya buat kamu yang nanyain kabarnya mas Abu pasca kecelakaan,dia sekarang sudah baik-baik saja,alhamdulillah sudah sembuh,saya juga sudah sempat menjenguk dia dirumahnya beberapa waktu lalu. Oke,lanjut ke cerita ya. Sebenernya saya ngapain sih di Jogja? Perang apa? Bukannya perang adanya di Palestina? Indonesia mana ada? Hahaha,alhamdulillah memang kagak ada,dan semoga tidak akan terjadi yang akan datang untuk selamanya hingga kiamat tiba.
            Jadi gini,yang saya maksud perang disini bukan perang yang seperti diatas gituan. Yang saya maksud perang disini adalah ajang kompetisi untuk merebutkan kursi di PTN. Yak,PTN,Perguruan Tinggi Negeri,dengan kuota terbatas namun pendaftar yang melimpah. Setelah saya dan rekan-rekan dari BPUN Kudus 2015 bergulat dengan yang namanya SBMPTN,kali ini saya yang sendirian akan bertarung dengan yang disebut UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) atau dulu sebutannya tuh UM-PTAIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri). Cuman tambah ke ya? Perlu kamu tahu buat kamu yang belum tahu,seleksi ini juga tak ubahnya SBMPTN yang kedua di tahun ini,sistemnya hampir sama,berbeda di manajemen saja karna ini yang nyelenggarain Dikti (Pendidikan Tinggi) dari Kementerian Agama,serta materi tes yang ada bahasa Arabnya yang saya bener-bener kagak bisa. Nahwu shorof aja baru kenal. Itupun sebentar.
            Perjuangan kembali dimulai di hari Senin,22 Juni 2015. Dengan lagi-lagi ditemani ibu saya tercinta. Maklum anak mama. Dengan sebelumnya saya sudah kontak-kontak’an sama Indah. Saya berangkat ke Jogjakarta. Naik bis antar kota,yang masih seprovinsi. Berangkat pagi dari Purwodadi,kemudian transit dulu di Surakarta dan tiba disana tepat sang mentari berada di puncak teriknya. Saya direkomendasikan Indah untuk turun di daerah Janti,sebuah daerah yang ada jalan layangnya,daerah yang berbatasan langsung dengan jln. Adisucipto dimana alamat UIN Sunan Kalijaga berada,tempat saya akan berperang.
            Dengan mengendarai sebuah mobil jenis sedan yang berplat kuning,namun bukan angkot melainkan taksi. Ini bukan kali pertama saya naik yang beginian,walaupun saya dari daerah yang nggak ada taksi,bernama Purwodadi. Karna saya awam dengan daerahnya,saya pun mendapati tarif yang begitu tinggi yang tak dapat saya sebutkan disini. Saya turun di depan sebuah rumah makan di pinggiran kota Gudeg ini. Dikirain pak supir sama tukang parkir mau makan,eh malah cuman numpang,numpang neduh sama nongkrong di pojokan,nungguin si Indah. Setengah jam kemudian,muncul sepasang bidadari turun dari tangga nirwana. Hahaha absurd  gila di bulan puasa. Mereka hanya jalan kaki kok,Indah sama Flow. Kayak band Jepang aja yak namanya. Dikuti dengan tegur sapa,akhirnya kami pun segera mencari penginapan di daerah deket situ,kurang lebih jaraknya 50 meter’an. Tapi hasilnya kurang memuaskan,meskipun dengan fasilitas lengkap namun harganya relatif tinggi,dan kata Indah masih ada yang terjangkau lagi dengan fasilitas yang sama untuk penginapan seperti itu. Waktu sholat dzuhur yang sudah tiba sedari tadi,membuat kami memutuskan rehat sejenak di masjid depan kosnya Indah. Ketika saya dan ibu rehat sembari menunaikan ibadah sholat,Indah dan kawannya tak henti-hentinya mencarikan kami tempat penginapan. Dan hasilnya kurang dari 15 menit’an,tempat penginapan didapatkan di daerah yang kali ini lebih jauh dari yang tadi,dan membuat kami harus naik motor untuk menuju kesana.
Tibalah dipenginapan yang suasananya nyaman,dengan fasilitas yang mumpuni membuat saya melanjutkan rebahan saya yang tertunda setelah dari masjid. Indah memang tak salah dalam merekomendasikan. Habis tiduran sebentar gitu, Indah datang lagi untuk nganterin saya ngecek ruang tes saya esok. Banyak merepotkan ya.  Memang,makanya makasih banyak buat Indah dan Flow untuk momen di Jogja ini.
Bener kata Indah waktu saya ngobrol via pesbuk,jarak UIN dengan tempat ia kos emang relatif deket kalo dijangkau pake motor,nggak nyampe 10 menitanlah. Tetep melelahkan kalo jalan kaki. Saya perkirakan jaraknya 2 kilo’an,bukan kilogram ya tapi kiloliter. Eh kilometer maksudnya.. Dan itu terlihat gamblang dari penginapan saya yang berada di lantai 3 penginapan tersebut,pemandangan kampus orange UIN Sunan Kalijaga,yang konon katanya jadi yang nomer satu seantero negeri di kalangan PTAIN. Di UIN saya dan Indah nggak kelimpungan dalam mencari ruang tes kayak pas kemarin SBMPTN di kampus UNDIP Tembalang karna interval jarak antar fakultas lumayan deket untuk bagian kampus yang akan saya gunakan untuk tes,dijangkau pake jalan kaki paling juga capek dikit,apalagi pake motor,jelas kagak capek sama sekali. Saya kebagian di fakultas tarbiyah nih,fakultasnya pencetak para calon guru. Tepatnya di ruang IPS 104.
Habis udah tahu tempatnya kayak gimana,saya dan Indah langsung buru-buru cabut,kembali ke penginapan. Karna ini bulan puasa,sorenya saya berencana mengajak Indah sama si Flow bukber gitu di sudut daerah penginapan saya. Namun Indah dan temannya kagak bisa karna masih ada acara sehabis nganterin saya tadi. Yaudah deh mungkin lain kali atau esok juga bisa. Meskipun begitu saya jadi bukber kok,buka bersama bareng ibu saya. Hehe di kamar penginapan berdua-duan gitu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamatkan Lahan Gambut, Bencana Indonesia Surut

Desain Kartu Anggota Osis SMK N 1 Purwodadi