Fight For National Univercity #Chapter6 #TembalangMedanPerang



                        Selasa dini hari,pukul 3 pagi,9 Juni 2015. Panitia dengan baik hati dan sukarela membangunkan kami para peserta BPUN yang akan mengikuti tes SBMPTN di Kampus UNDIP Tembalang untuk sekedar melakukan sholat malam demi memudahkan langkah mewujudkan impian. Benar-benar religius sekali. Meskipun rasa capek ini belum luntur,namun rasa semangat semakin lebih membara dari yang lalu dan mampu menyembunyikan rasa capek yang menggelayuti diri.


            Kesempatan terbangun dari tidur di waktu yang tepat untuk melakukan sholat malam pun tidak kami sia-siakan, kami dengan cepat bergegas pergi ke mushola yang karpetnya bau tadi. “Tak apalah ini hanya sementara”,ujar saya di dalam batin. Sehabis sholat rasa kantuk mulai datang kembali,tapi pihak panitia malahan nyuruh kami,untuk segera mandi karna pagi itu kami harus berangkat ke tempat tes sekitar pukul 7 pagi,padahalkan tesnya masih jam 8’an lebih. Sungguh rajin sekali.
            Kami sebagai peserta pun ngikut saja,anut grubyuk perintah panitia,karna merekalah yang membimbing dan mengarahkan kami selama kami ada disini. Habis sholat subuh saya mandi,di tempat yang di depan kamar mandinya itu gelap sekali. Rerumputan belukar terrefleksikan dengan gamblang di mata saya. Habis mandi,kita siap-siap untuk tes,mulai dari menyiapkan perlengkapannya,hingga buku yang digunakan untuk belajar sebelum memasuki ruang tes.
            Alhamdulillah,makanan di pagi itu datangnya on time. Tak seperti semalam. Dengan menu rames yang saya pikir sama dengan yang kemarin,sama-sama menggugah selera kami pun lekas menyantap kudapan di pagi yang rada mendung itu. Hujan pun sempat mengguyur sekitar pukul 6  pagi. Masa begitu cepat berlalu,tak terasa jam di hapeku udah menunjukkan pukul tujuh. Berarti perjalanan menuju ke medan perang akan segera di mulai. Saya pun bergegas ganti baju,dengan zirah kebesaran untuk membuat jera lawan di medan tempur. Apaan sih? Sepasang pakaian yang benar-benar belum pernah saya kenakan selama pengasramaan BPUN Kudus 2015,sebab sejak awal telah saya niatkan spesial untuk saya pakai di medan perang ini. Soalnya yang masih rapi disetrikain. Diponpeskan nggak ada setrika buat peserta yang cowok.
            Seiring bergulirnya sang mentari,panitia pun dengan cekatannya mengplot para peserta menjadi beberapa banjar berdasarkan fakultas tempat mereka akan mengikuti tes. Alhamdulillahnya,karna yang akan tes di FISIP itu relatif banyak dibanding yang lain,akhirnya kami kebagian nikmat tersendiri yakni naik bis BPUN dari Kabupaten Batang,sementara yang lain ada yang cuman naik angkot bahkan si Alvian yang tesnya di Fakultas Hukum yang notabene sebelahan sama FISIP harus rela jalan kaki. Kasian sekali. *pukpuk Itung-itung pemanasan buat perang tuh. Hehehe... Hal yang kurang mengenakkan kembali terjadi tatkala pak sopir bis dari Batang itu grundel kepada panitia PMII yang ada di bis karna sejak kemarin tak pernah diurusi. Kasian. Perjalanan benar-benar menegangkan tuh,tapi emang bapak itu nggak salah sih,apa yang ia lontarkan benar-benar realita karna sejak kemarin ia memang seperti tak dihargai oleh panitia sepengetahuan saya. Dicuekin gitu.
           
            Setibanya di FISIP,saya lebih memilih mencoba memejamkan mata setelah menunaikan ibadah sholat dhuha bareng cak Mat di mushola FISIP yang berada di lantai 2 Gedung C. Mengapa begitu? Jujur saja saya cukup khawatir dengan kondisi saya yang kurang tidur. Semalam saya tidur sekitar jam 11’an malem kemudian dibangunkan dari lelap pukul 3 pagi,jadi kalo dikalkulasi cuman 4 jam. Sekilas info aja,padahal baiknya manusia bobok di malam hari itu sekitar 8 jam. Kurang banyak bukan saya? Muka ini udah kayak koala,yang di matanya ada katupnya. Pagi itu,saya bener-bener sempet ketiduran di depan gedung FISIP,benar-benar ekstrim banget mengingat beberapa menit lagi saya ujian. Tetapi saat itu saya berpikiran gini,lebih baik saya tidur sekarang sebelum perang,daripada ketiduran saat tes berlangsung. Nah... Hal itulah yang terjadi ke beberapa kawan saya yang dari BPUN Kudus 2015. Yang paling saya tahu itu ya,si Anika. Soalnya dia satu ruangan sama saya. Cie. Dia bahkan sampai harus dibangunkan oleh ibu pengawas,karna dikirain sakit padahal asik bermimpi ria. Sedangkan untuk yang lain,saya mendengar dari celotehan mereka. Mereka diantaranya ialah cak Mat dan Alvian yang tertidur pada perang sesi 2.
             Tes dimulai. Bagi saya,untuk tes sesi pertama dimana TKPA musuhnya. tidak begitu lancar karna kendala waktu. Saya kagak tahu waktunya,kagak ada jam di ruangan tes,dan saya kira nggak boleh pake jam tangan kayak tahun lalu seperti kata temen saya. Eh nggak nyangkanya boleh,dan tiba-tiba dikasih tau aja gitu pengawasnya kalo kurang 10 menit,sementara bahasa Inggris belum saya kerjakan sama sekali. Hah? Nah sedangkan tes sesi yang menjadikan soshum sebagai lawan perang nih,saya malahan ketumpahan banyak waktu. Banyak waktu yang tersisa sekitar 15 menitan. Alhamdulillah banget ya,sesuatu. Lhoh? Syahrini? Seimbang ,namun tidak proporsional. 

Di sela-sela istirahat antara perang sesi pertama dengan yang kedua,panitia dari BPUN Kudus 2015 akhirnya ada batang hidungnya datang ke Tembalang untuk menengok kami sekaligus mengurusi kami berwira-wiri pulang ke markas di Semarang yakni Gedung PWNU. Mereka ialah mas Bowo dan yang satu lagi namanya saya kagak tahu. Dia kagak perkenalan,dan sebelumnya nggak pernah ada raga dan nyawanya pada saat pengasramaan selama sebulan kemarin. 

Pukul 14.30 WIB perang akhirnya usai,dan ini berarti waktunya untuk kembali ke markas telah tiba. Meskipun ada mas Bowo dan mas yang satunya,kukira perjalanan pulang yang nantinya mudah ternyata malah sebaliknya. Kami terlonta-lonta,terpontang-panting ke sana kemari tak jelas sejak awal,sejak dari FISIP. Dimulai dari FISIP,kami bingung kami mau naik apa untuk transit dulu mengambil barang-barang kami yang ada di lapangan tembak. Naik bis Batang,bisnya ternyata langsung cekidot ke PWNU. Ya nggak bisa. Naik angkot,biayanya cukup relatif mahal,padahal jaraknya kalo ditrayek nggak jauh-jauh amat. Diputuskan,akhirnya kami dianter pake motornya mas Bowo dan mbak Salis,sementara sisanya menunggu di FISIP. Nasib beda,rada beruntung dialami Unsa yang dianter sama temennya yang kagak tahu itu siapa. Hantu kali ya?  Serta si Yusuf yang jalan kaki ke penginapan,mengingat jarak tempat tes dengan penginapan cukup deket. Sedangkan si Hartatik kabarnya mau dijemput saudaranya gitu. Oh iya,satu lagi nih si Anika yang kagak ikut balik ke PWNU,dia trauma tuh sama bis,dan lebih memilih nginep dulu di kos kakaknya yang ada di daerah Gunung Pati deket Unnes. Otomatis,yang nggak mujur kala itu ya saya,cak Mat,Alvian,serta Anis. Malang sekali nasib kami. Nggak jelas.

Kamu percaya nggak? Kalo disetiap kesedihan selalu ada kebahagiaan yang disisipkan? Nah,saya yakin akan hal itu. Dan terbukti dibalik nasib kami yang terkatung-katung,digantungin yang sedikit lagi mau diphpin kayaknya,ada sebuah hal yang membuat saya tertawa. Ialah mas Bowo yang mengeluarkan seluruh kebun binatangnya dengan tampang kebingungan. Sungguh lucu sekali kalo kamu melihatnya. Ups,udah ya takut dosa. Kegilaan mas Bowo tak berhenti hanya disitu saja. Ketika saya dianter dia pake motor ke penginapan dari FISIP,dia dengan seenaknya manggilin cewek-cewek yang ada di pinggir jalan,mulai di perempatan sampai yang ada di deket motor yang lagi jalan disapain semua. Dari semua yang disapa itu tak ada satupun yang ia kenal. Gila bukan? Kirain cuman yang ngetik yang gila,ternyata yang lain juga ada. Jangan-jangan kegilaannya telah menyebar? Entah,hahaha.

Sesampainya di penginapan nih,kan mas Bowo harus balik lagi ke FISIP buat jemput si cak Mat. Saya kan harus nunggu tuh. Dan ketika nunggu itu lama banget. Sempat saya mengira mereka langsung balik ke gedung PWNU,kagak bareng sama yang lain. Hehehe,ternyata saya salah. Setelah cukup lama saya dan kawan lain menunggu,akhirnya mereka datang jua. Terkatung-katungnya kami tak berhenti disitu saja. Lagi-lagi kami tak tau mau balik ke PWNU pakek apa? BPUN kota yang lainnya tuh,pada naik charter angkot bahkan ada juga bis,kayak yang Batang tadi. Dan mereka semua nasibnya benar-benar enak. Semuanya terkordinasi dengan baik dan rapi. Bandingkan dengan Kudus yang pribadi saya sendiri berpikiran semrawut nggak jelas sejak perang usai. Dan yang ngurusin itu cuman dikit,hanya 2 orang untuk 8 kepala manusia,sedangkan 2 orang ini bagi saya kurang kompeten sebab tak mengenal seluk beluk  kota Semarang.  Maka dari itu,mungkin ini juga bisa dijadiin bahan buat pembelajaran untuk program BPUN Kudus kedepannya,agar yang satu ini juga perlu diperhatikan,karna kalo dicuekin kami peserta mungkin tak bisa pulang,kalo nggak bisa pulang ya bisa nangis darah. Masak yang lain udah pergi, kita-kita masih aja nongkrong dan tidur di lapangan tembak. Nggak kasihan apa? Mas Bowo sempat menitipkan kami ke beberapa rombongan BPUN kota lainnya,tapi kebanyakan ditolak dengan halus ataupun sudah penuh. Walau begitu berkat mas Bowo, si Anis dan Hartatik balik ke PWNU bisa nimbrung bis rombongan BPUN Kabupaten Demak. Ini berarti yang digantungin tinggal saya,cak Mat,Yusuf,Alvian dan seorang cewek bernama Unsa. Meskipun begitu saya sangat berterima kasih dan apresiasi sekali terhadap usaha dari panitia yang dari Kudus terutama mas Bowo yang direla-relain kebun binatangnya keluar di Tembalang. Hahaha,walau terkadang saya juga kasian karna dia melakukannya sendiri,wira-wiri kesana kemari,pusing pala barbie.

Tepat habis maghrib akhirnya kepastian kami pulang ke gedung PWNU terjawabkan. Dengan naik mobil berwarna kuning yang tak lain adalah angkutan umum. Kami para cowok naik itu angkot dengan ditemani mas panitia yang saya kagak tau namanya sedangkan Unsa dengan spesialnya diboncengin mas Bowo. Modus nih? Maybe,it’s true. Soalnya gini, awalnya tuh yang mau bonceng mas Bowo itu saya dan mas Bowo udah mengiyakan. Tetapi berselang beberapa saat kemudian mas Bowo membelot dan menyatakan kalo dia akan memboncengkan Unsa dengan alasan si Unsa pengen naik motor,pengen ngeliat gamblangnya kota Semarang. Emang pake angkot kagak bisa yak? Entah. So,dengan terpaksa saya ya menerima keputusan itu,mengalah demi kepentingan bersama sebagai sosok pejantan tangguh bermental tempe yang seringnya cengingisan.
Derita saya dan kawan-kawan yang cowok tak kunjung reda,walau kita tlah naik angkot,kita masih aja tidak dalam naungan keburuntungan. Hal itu terjadi ketika angkotnya itu harus berhenti jauh dari gedung PWNU dikarenakan model jalanannya yang bertipe searah. Yah,harus jalan kaki nih. 100 meter lebih lho itu. Perut juga belum keisi. Sesampainya di bis,langsung berangkat aja gitu,kagak ada acara makan-makan dulu. Lambung ini ya berdemo keras!!! Amsyong sekali nasibmu nak...
Di bis saya pun lemas,cuman bisa menghela nafas dengan menjulurkan kaki. Eh untungnya,bis rombongan BPUN Kudus 2015 ini sempat transit dulu nih disalah satu SPBU sebelum tancap gas menuju ke Kudus. Hal itupun kumanfaatkan untuk mencari makanan ringan dan minuman demi mengganjal ini perut yang udah demo sedari tadi. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam. Sempat terjadi macet juga dijalan. Perjalanan juga begitu hening walau ditemani alunan musik,tetapi seisi kagak bersuara malah pada tidur semua. Berbeda dengan yang pas berangkat ke Semarang yang asik karokean.
Pukul sembilan malam,bis rombongan BPUN Kudus 2015 tiba di gedung PCNU Kabupaten Kudus dengan selamat dan sentosa. Beberapa ada yang nginep di PCNU seperti saya ini,banyak juga yang langsung pulang ke hunian masing-masing. Perut masih laper nih. Badan juga rada lemes karna nggak ada asupan energi. Ternyata tak hanya saya yang merasakan hal tersebut di malam itu. Diputuskan untuk semua peserta yang masih ada di PCNU pergi ke alun-alun Kota Kudus untuk nglakuin gala dinner gitu,di salah satu sudut alun-alun. Dengan menu nasi pecel,santap malam pun dimulai. Kecuali saya yang memilih beda dengan nasgor yang sebelumnya udah kumasukan perut duluan. Hehehe,maaf,tapi saya rada nggak suka gitu,nggak biasa,masak makan pecel tengah malem,kayak sarapan aja. Biarpun begitu semua berakhir gembira,dengan nafsu perut yang udah terpuaskan.

 Sekitar jam 12 malam saya pulang jalan kaki sendirian di jalanan kota Kretek yang sunyi meninggalkan yang lain yang masih asik di alun-alun. Katup bola mata saya sudah nggak kuat. Kagak ada kendaraan yang lalu lalang sama sekali. Dan anehnya saya kagak takut tuh,biasanyakan mrinding. Itu tengah malem lhoh...Sampai di PCNU saya langsung tidur. zzzZZZZzz..........
Hari dan tanggal telah berganti,mentari pun menyapaku dengan senyum indah di pagi hari. Mentari cewek? Sehabis menunaikan sholat subuh saya sibuk nyiapin diri untuk perjalanan balik kampung ke Purwodadi. Senang sekali. Setelah kurang lebih sebulan lamanya saya mengenyam hiruk pikuknya kabupaten Kudus,akhirnya saya kembali ke ranah hidup saya yang alamiah. Rasa rindu benar-benar tak bisa saya sembunyikan. Rindu keluarga,kambing peliharaan saya yang kabarnya udah nglahirin buah hati pertama,dan tentunya laptop tercinta,tempat saya menjamah diri saya sendiri. Berangkat dari Kudus jam 6 pagi,dan tiba di Purwodadi sekitar jam 8’an pagi dengan dijemput ayahanda yang baru beberapa hari yang lalu pulang dari penatnya bekerja. Perjalanan cukup lancar meskipun masih ada beberapa titik kemacetan. Kayak Jakarta aja ya? Iya dong,Purwodadi gitu lhooooh. Tepat di rumah,saya disambut ibu saya yang lagi menyapu latar bagian depan. Kulantunkan salam untuknya dengan disusul cium tangan dengan memeluknya. Duh,so sweetnyaaa...



Selang beberapa jam kemudian,saya menerima beberapa pesan singkat yang berisi  kabar kalau mas Abu telah mengalami kecelakaan sepeda motor...

To be continued. . .

Komentar

Unknown mengatakan…
emang mbien ono nginep bareng ya? Kok aku rareti?
nayotom mengatakan…
wkwkw kan we durung kenal aku deiss :"

Postingan populer dari blog ini

Desain Kartu Anggota Osis SMK N 1 Purwodadi

Selamatkan Lahan Gambut, Bencana Indonesia Surut