Fight For National Univercity #Chapter5 #PeliknyaUsaha



                     Wow,gila nggak terasa udah nyampai ke chapter 5 aja nih. Ini merupakan pengalaman sekaligus eksperimen kali pertama saya dalam mengetik cerita yang bukan hanya cerita ngomong belaka tapi juga pake mikir terutama entertaimentnya,yang walaupun sederhana,tapi insyaAllah mampu menghibur kamu,penikmat setia ketikan saya. Perasaan baru dua  pekan lebih yang lalu saya ketikan chapter pertama. Emangkan. Hehe,saya ucapkan banyak terima kasih buat kamu yang udah apresiasi cerita biasa aja saya yang satu ini,sejak awal chapter pertama,hingga yang terkini yang sedang kamu pantengin di layar kaca. Kalo bukan kamu yang baca siapa lagikan? Maklum masih ngrintis jadi pengetik gadungan. Gadungan aja kok pake ngrintis? Ya saking parahnya. Oke makasihnya udah sampai disitu aja ya,lanjut ?


Eh eh tapi tunggu dulu....
Sebelum lanjut cerita di chapter ini,saya mau cerita sedikit tentang topik lain,yang mohon maaf  nggak jadi kelanjutan dari chapter sebelumnya namun tetep berkaitan sama perjuangan saya menuju kampus negeri impian.

            Jadi gini...

            Teringat di saat kita tertawa bersama ceritakan semua tentang kita... Kok malah bersenandung sih? Haha bernostalgia dulu sama lagu pas acara pensi BPUN Kudus 2015. Kangen momennya nih...
            Eits.. tapi bukan itu yang akan saya critain. Malam itu seperti malam biasanya di BPUN Kudus 2015. Masih BPUN lagi ya? Iya dong,kan saya udah pernah bilang nggak akan habis program itu untuk dibedah kisahnya hanya bertautkan blog pribadi. Lanjut,kami para peserta,yang habis menikmati kudapan malam,seperti biasanya harus mengikuti yang namanya capacity building untuk kesekian kali. Yang entah terselenggara berapa kali,hampir setiap hari. Hingga rasa jenuh pun sempat menghampiri. Itu khusus saya ya,entah peserta yang lain?
            Oke,tatkala itu ada seorang pria dewasa yang sudah profesional di bidangnya datang diundang panitia untuk berbagi pengalaman tentang sekelumit profesinya. Kamu tahu apa? Pekerjaanya ialah pencari berita atau bahasa kerennya jurnalis di salah satu kanal online organisasi Islam Indonesia. Maaf,saya lupa nama bapak itu siapa? Tetapi saya masih teringat jelas dengungan kata-kata yang terlontar darinya saat beliau memberi materi kepada peserta BPUN Kudus 2015. Yang salah satunya sudah saya lakukan melalui sequel cerita ini. Kamu tahu itu? Masih ingatkah untuk peserta BPUN Kudus 2015 yang lainnya?
Beliau menyampaikan kalo dari acara BPUN ini kita tidak hanya mendapatkan materi maupun pengalaman saja,tetapi kita juga bisa mendapatkan sebuah cerita inspirasi (seperti ini hahaha bukan-bukan ) yang bisa kita angkat untuk ditulis dimana saja,di buku diary,blog seperti saya,maupun sarana yang lainnya. Daun pisang juga boleh kalo kamu bisa? Atau buku hutang keluargamu? Nah,disitu ia bergumam kalo kita itu bisa dapatkan tidak hanya sebuah judul cerita saja,namun sedikit-dikitnya 5 buah cerita yang kita bisa peroleh dari proses asrama para peserta BPUN Kudus 2015.
            Dan ternyata itu benar,alhamdulillah saya bisa merealisasikan hal yang beliau sampaikan tadi lewat ini yang sudah masuk episode yang ke lima dari judul cerita yang judulnya kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia berarti ‘Perjuangan Untuk Perguruan Tinggi Negeri’ atau juga bisa ‘Semangat Untuk Perguruan Tinggi Negeri’. Sesuka kamu yang membaca mau bagaimana? Meskipun judulnya rada berlebihan,tapi ya inilah saya dengan ketikan saya. Ngerti maksud saya?

            Kupikir basa-basi nyuci klambinya udah cukup sampai disitu aja,pasti udah kagak sabar nih ngeliat kelanjutan dari yang kemarin. Seperti apasih penginapan saya di Tembalang? Kayak apa sih kok bisa bikin saya tercengang?

            Senja itu,kami para peserta yang akan tes di UNDIP Tembalang telah sampai di tempat penginapan yang bernama Lapangan Tembak Kodam Diponegoro dengan rasa capek yang teraduk-aduk kayak es campur deket Kantor Samsat Kudus. Gile milik TNI bro... Kodam!!! Pas awal-awal dateng kesana,jujur hati saya rada takut,mrinding gimana gitu? Gimana enggak? Ini wismanya TNI,tempat berkumpulnya para prajurit perang. Gimana kalo pas tidur nyenyak,bobok imut gitu,ditendang-tendang,terus disuruh push up dulu seratus kali,baru boleh jalanin sholat subuh. Kalo saya bayangin sih kayaknya nggak kuat. Anak mental tempe sih. Tak sekedar itu,disitu ternyata juga menjadi tempat berkumpulnya para pejuang PTN dari BPUN kota lainnya di sekitar Kota Semarang. Kayak,dari Batang,Pati,Jepara,Kota Semarang itu sendiri dan masih banyak lagi. Kebanyakan mereka jumlahnya lebih dari satu digit,bayangkan dengan yang dari Kudus yang hanya 8 orang saja,kami benar-benar menjadi kaum minoritas kala itu. Merasa terkucilkan di antara yang lain,ditempatkan di pojokan dekat pintu keluar,terpingirkan,itulah nasib para peserta BPUN Kudus yang cowok yang akan tes di Tembalang. Entah kalo yang cewek?
            Rasa cukup nggak enak kembali bertambah tatkala kami akan menunaikan ibadah sholat wajib. Kenapa? Dimana mushola tempat kami beribadah,karpetnya itu baunya kurang begitu sedap,kalo menurut kawan saya yang bernama Alvian kayak berasa aroma kaos kaki yang belum pernah dicuci. Memang baunya itu asem gimana gitu,saya pun rada bingung mendiskripsikannya. Hal itu pula yang menjadi penyebab kurang khusyuknya ibadah kami,karna ada beberapa rekan dari Kudus yang tertawa kalo nyium bau asem itu. Aneh ya? Tapi bukan saya. Ngeri lagi saat kulihat jadwalnya,yang kupikir nggak ada waktu untuk istirahatnya apalagi buat belajar. Eh untungnya itu Indonesia banget, cuman dijadiin formalitas doang gitu.
            Nggak disangka-sangka habis sholat ashar nih,saya berjumpa dengan dua kaum hawa dari Purwodadi sama seperti saya yang tidak lain ialah adik kelas saya sendiri anak akuntansi. Cie reuni nih? Hah,bukan. Dan dengan semena-menanya mereka pangkling sama saya,karna katanya saya kurusan sekarang. Hah? Gak papa sih,disyukuri aja. Mereka pula di sore itu yang meminta-minta kepada saya untuk nganterin ke tempat ujian mereka yang salah satunya tuh di Fakultas Psikologi. Hah? Mana saya tahu ya? Ngerti UNDIP Tembalang aja baru sekali ini. Namun sepertinya keberuntungan datang menghinggapi mereka,tatkala saya meminta bantuan mbak Salis yang tadi juga nganter saya dan kawan-kawan dari Kudus untuk mengantar mereka ke alam mereka yang sesungguhnya. Hahaha maksudnya tempat tes mereka. Trimakasih lhoh mbak Salis.

            Malam pun tiba,makanan tidak datang tepat waktu. Perut ini padahal udah berdemo keras kayak peristiwa ’98. Lebay. Namun menunya begitu menggugah selera dengan pecel lele yang dibanderol cuman Rp. 10.000,00 oleh panitia PMII UNDIP. Benar-benar mampu mengisi berontaknya nih perut dan menjaga kuota isi dompet. Di malam itu pula saya diajak si Alvian nih untuk ketemu kakaknya di daerah Rumah Sakit UNDIP,yang kagak saya tau ternyata deket Pemakaman Keluarga UNDIP. Di kampus ada makam juga toh? Iya,ada. Nggak nyangka bangetkan. Bener amsyong malam itu saya,bagaimana tidak,jalanannya udah sepi sekali,kagak ada penerangan ,dan kita cuma jalan berdua-duaan gitu aja. Keliatannya sih momen romantis tapi ujungnya malah horroris banget. Tepat ditengah jalan yang gelap gulita karna nggak ada Babe Cabita,mata ini nglirik ke sebelah kiri jalan dan yang ku lirik ternyata bertuliskan “MAKAM KELUARGA UNDIP”,seketika itu semua bulu kuduk ini siap grak untuk segera lari. Eits,namun pikiran ini masih mencoba tenang,masih ada Alvian kok,kalo nggak ada tuh baru,bergegas cabut.
            Setelah menunggu sebentar akhirnya yang ditunggu muncul jua,kakaknya Alvian datang dengan mobil pribadinya ditemani seorang cewek yang duduk disamping pak kusir yang sedang bekerja. Lhoh?  Eh maksudnya di sampingnya kakaknya Alvian. Yang entah pacar atau teman deketnya? Habis ngobrol bentar gitu sama mereka,kami berdua akhirnya dianter pake mobil sama kakaknya Alvian itu tadi kembali ke base camp kami di  wisma TNI.
            Sesampainya di wisma untuk kedua kalinya,saya langsung masuk aja ke tempat penginapan sedangkan si Alvian masih di depan penginapan ngobrol bareng sama kedua orang tadi ditemani si Yusuf ‘Mokong’. Di penginapan saya bergegas istirahat ditemani cak Mat yang kurang enak badan kala itu,serta buku soal-soal SBMPTN yang bukan saya gunain buat belajar tapi malahan tak bikin bantal buat tidur-tiduran. Maklum,rasa tepar benar-benar sudah berada di titik nadir,dan nih pikiran pengennya istirahat aja, males untuk belajar. Meskipun begitu saya masih yakin kalo saya bisa menaklukkan perang di keesokan harinya.

            Eh iya ada yang kelupaan,kehororan kampus UNDIP Tembalang ini nggak cuman ada di daerah makam tadi aja lho. Di penginapan kami juga ada! Hal itu dibuktikan dengan salah satu peserta perempuan BPUN dari Semarang yang tiba-tiba tak tersadarkan diri hingga panitia mendatangkan seorang ustadz untuk menyembuhkannya. Mengerikan sekali bukan? Hiiii.........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memotong Clip Di Corel VideoStudio X5

Desain Kartu Anggota Osis SMK N 1 Purwodadi