Fight For National Univercity #Chapter4 #MenujuTembalang


                          Selepas pembubaran pengasramaan BPUN Kudus 2015,saya bergegas mengambil barang-barang saya yang ada di pondok. Supaya saya bisa segera ke terminal dan kesempatan pulang saya dapatkan. Mengingat bus jurusan ke Purwodadi kalo jam 4’an gitu kabar burungnya sudah kagak ada. Tapi saya nggak percaya sama itu burung,saya tetep ngotot aja pengen pulang. Niatan saya untuk lekas meninggalkan pondok harus menemui hambatan berupa keharusan mengikuti sesi foto bareng dulu dengan sesepuh ponpes,seluruh panitia dan peserta BPUN maupun yang hanya kawan-kawan laki-laki saja.



            Setelah cukup lama beradegan di depan lensa,akhirnya saya keluar juga dari ponpes berboncengkan dengan Ta’id didepan saya,kawan saya di BPUN Kudus yang siap sedia mengantarkan saya ke daerah Tanjung karna lokasi rumahnya yang relatif dekat dengan daerah tersebut. Eh iya sebelumnya saya udah berpamitan dengan hampir semua orang yang masih ada di ponpes Zainal Chusain,Golan Tepus. Sesampainya di Tanjung kabar duka menghampiri saya,ketika saya mendengar bahwasanya bis ke Purwodadi sudah berangkat sejak jam 3 tadi dari seorang kenek bis arah Babalan. Waduh,hati saya langsung gundah gulana ketika itu. Tapi apa mau dikate,yang namanya telat ya telat,ketinggalan ya ketinggalan. Terpaksa masuk ke rencana B,yakni saya harus menginap semalam di rumahnya Ta’id.

             Sesampainya di rumah Ta’id,kami tiada yang menyambut dikarenakan orang tua Ta’id sedang pergi ke sawah dan pulangnya biasanya pukul 5 sore. Di rumah Ta’id saya cukup nyaman dengan kasur yang empuk,makanan yang mengenyangkan,bisa nonton Final Liga Champions pula antara Juventus berhadapan dengan Barcelona,walaupun khusus saya cuman sebentar sebab kantuk berat yang melanda di fajar itu. Pokoknya saya berterima kasih banyak kepadanya dan keluarganya,untuk momen bermalam di rumahnya.



            Hari dan tanggal telah berganti,itu pertanda para peserta BPUN Kudus 2015 (kecuali Nabila yang sudah ketrima di Teknologi Pangan UGM,dan Mutia yang memilih tes di UGM serta tak lupa Ifa yang juga sama lebih memilih tes jauh dari yang lainnya yakni di Malang) harus berkumpul lagi untuk berangkat ke Semarang buat persiapan tes SBMPTN 2015. Kala itu saya hanya menggunakan celana kolor training beserta kaos oblong untuk menyang ke Semarang. Maka tak heran,setibanya saya di PC NU Kabupaten Kudus,ada beberapa teman saya yang berceloteh bercandain saya. Saya tungkasi saja mereka kalo saya jauh-jauh dari Kudus ke Semarang mau CFD’an.Hahaha bener-bener gila.



            Sekitar setengah 5’an sore WIB,rombongan BPUN Kudus 2015 akhirnya berangkat juga menuju Kota Atlas. Sore itu saya bak ngedapetin rezeki nomplok,karna peserta yang lain pada naik bis charteran,saya dan Sherin,salah satu peserta cewek dari kelas IPA kebagian nikmat naik mobil sendiri,berbeda dari yang lain ditemani mbak Nila dari panitia dan mbak Ayu yang kuliah di Unnes ngambil jurusan Kesehatan Masyarakat. Di mobil saya tak ubahnya bagai Pangeran yang disupiri oleh Permaisuri yang didampingi dengan daeng-daengnya. Hahahaha ngaco banget. Hahahaha,piss mbak Nila,mbak Ayu,dan Sherin. Rombongan kami sempat berhenti di salah satu SPBU di daerah Kudus. Disinilah saya mulai bergaya di depan arek-arek BPUN yang berada di bis,dengan membuka pintu sembari melakukan cium jauh hahaha. Respon dari yang ada di bis juga cukup meriah kalo saya lihat. Oh iya,sebelumnya saya kok bisa naik mobil tuh gini. Awalnya saya udah dapet kursi di bis,namun disuruh pindah ke belakang oleh panitia,eh delalahnya yang di belakang itu udah penuh semua seatnya,yaudah deh saya keluar aja. Beberapa saat setelah berjalannya waktu,hasil rerembug sesama panitia memutuskan kalo saya harus naik mobil aja,melihat di bis udah penuh. Alhamdulillah,nggak naik bis,naik mobil pribadi pun jadi. Enakan yang ini malahan.

            Rombongan BPUN Kudus 2015 sempat mampir ziarah dulu nih ke makam Sunan Kalijaga di daerah Demak. Saya cukup kaget ternyata ada mampirnya juga toh dan rada malu menilik penampilan saya yang terlihat kayak mau olahraga ketimbang berziarah. Ah tapi yasudahlah,kesempatan ganti celana nggak ada yaudah diterima aja. Setelah selesai nyekar dan nyobain nikmatnya makan malam dengan nasi goreng ala Demak(yang saya pikir sama saja rasanya dengan yang di daerah rumah saya),rombongan pun melanjutkan perjalanan untuk Nyemarang.

            Sekitar pukul berapa ya saya lupa tuh nyampenya,pokoknya udah malem gitu aja. Rombongan tiba di Semarang,lebih tepatnya di Gedung Pengurus Wilayah Nahdathul Ulama,disitu kami bersuka ria dengan gedungnya yang relatif megah,dan tentunya tempat tidur yang cukup nyaman. Malam itu tenggorokan saya rada kering,dan pengen banget nyari minuman buat nyegerin nih tenggorokan. Untungnya nggak hanya saya yang bernasib sama seperti itu,ada peserta lainnya yang cowok tuh malahan pada laper,yaudah kita mutusin nyari makanan di tengah malam hari itu. Paginya saya terbangun dari tidur indah saya sekitar pukul 4 pagi,tak lupa saya makan beberapa buah biskuit dan 2 gelas air mineral yang saya gunakan untuk menu kudapan sahur. Habis itu saya mandi mengingat kamar mandi begitu terbatas dan saya cukup males kalo ngatri nanti di pagi hari (gile saya mandi fajar untuk kedua kalinya jarang-jarang loh ini,semua terjadi hanya di BPUN Kudus 2015).



Pagi telah tiba,sosok mentari pun telah muncul dari tempat persembunyiannya,dan tiba saatnya kita para peserta bersiap-siap untuk berangkat jilung-jilung ke Goa Kreo di daerah deket kampus Unnes. Yang di Jogja sama di Malang pengen nggak nih yee? Perjalanan kembali dimulai. Di bis kami banyak yang pada tidur,masih tepar kayaknya dengan perjalanan kemarin hehehe.

Perjalanan kupikir relatif lama,namun diperjalanan kami disuguhi tampilan kota Semarang yang saya rasa panas dan masih awam. Maklum saya jarang ke Semarang,maka kumanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya memandangi hiruk pikuknya ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Sesampainya di objek wisata,kami disuguhi pemandangan bergelombang(karena daerah pegunungan),genangan air yang luas tapi bukan laut melainkan waduk yang saya lupa namanya. Serta tak lupa,lalu lalangnya para monyet lokal yang begitu menggemaskan sekaligus menjijikan bagi saya. Kami cukup lama disitu,kebanyakan sih pada motret dari yang biasa aja hingga yang alay juga ada. Dan juga memandangi sekitar,serta tahu sedikit ceritanya Gua Kreo kayak apa,tapi maaf ya nggak bisa saya kisahkan disini. Capek dan panjang ceritanya.

Waktu dzuhur telah tiba,perjalanan di bis dimulai kembali. Kali ini tujuan kita berlanjut ke kampus Universitas Diponegoro yang ada di daerah Tembalang. Ini juga menjadi pengantar saya untuk ngecamp didaerah situ,sebab esok hari saya akan tes di R. 304 Gedung C,Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus Undip Tembalang. Rombongan kami rehat sejenak di Masjid Kampus Undip untuk menjalankan ibadah sholat dzuhur dan beristirahat sejenak. Ketika beristirahat,kami para peserta yang esok akan tes di daerah kampus Undip Tembalang,berdiskusi bareng nih sama mas Icam dan mbak Salis. Mereka berdualah yang memplot dan ngomandoin kami. Kami,(saya,cak Mat,Yusuf,Alvian,Unsa,Hartatik,Anis,serta Anika).

Selesai diskusi,rombongan BPUN Kudus 2015 langsung tancap gas ke daerah yang dikomandoin mbak Salis pake motor,menuju daerah kesepakatan hasil diskusi bareng tadi. Tiba juga saya dan kawan-kawan yang tes di Tembalang berada di depan gedung Fisipol yang megah nan ciamik dengan warna orangenya itu. Fans Persijakah? Kagak tau bos.

Momen itu sekaligus menjadi perpisahan sementara kami dengan rombongan BPUN Kudus 2015,sebab peserta yang lain kagak pada di Tembalang. Disitu juga menjadi momen kami untuk berkeliaran menelusuri kampus Undip khusus Strata 1 ini. Kami memulainya petualangan kami itu dari yang deket dulu nih,FISIP dilanjutkan Fakultas Hukum yang bersebelahan disampingnya,terus lanjut ke Teknik,setelah itu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Sama yang lain saya lupa. Masih ada lagi nggak ya? Apa udah itu doang? Waduh gimana sih yang ngetik nih? Udah mbah-mbah ya main lupa aja?  Maaf-maaf,saya beneran lupa nih. Maklum udah setengah bulan yang lalu kejadian itu terjadi. Hidup saya nggak cuman ngingetin itu doang kali.

Sore itu lelah,penat benar-benar mengelayuti jiwa kami. Para peserta BPUN Kudus yang akan tes di Tembalang. Ternyata oh ternyata,Kampus Undip Tembalang itu luas banget,bahkan ada trayek angkot juga disana. Meskipun begitu,saatnya istirahat belum juga tiba. Habis menelusuri kampus, kami semua harus naik angkot untuk menuju kepenginapan yang jaraknya gile bener,jauh banget. Kayak ponpes Zainal Chusain ke Alun-alun Kudus,perkiraan saya sih segitu... Yang paling enak tuh ya si Anika yang wira wiri cuma duduk manis di jok belakang motornya mbak Salis. Tapi memang sih,kondisinya kala itu memang yang paling parah diantara kami karna udah mutah berkali-kali di bis. Perjalanan tak cukup itu saja,kami harus rela lagi jalan kaki jauh dengan raga yang udah tak kuasa menahan lara di jemahan sanubari. Sungguh teparnya,jiwa dan raga sama saja. Disitu saya malah khawatir nih,di hari esok, hari buat kita berperang,bertempur,kami malahan bergenjatan senjata karna kondisi kami di hari itu yang udah payah dan parah.


            Setibanya di tempat penginapan saya cukup kaget. Kok kaget? Kaget kenapa? Seperti apa sih tempat penginapannya? Ingin ngerti kelanjutannya? Eits... sabar dulu ya,karna semua pertanyaan itu insyaAllah akan terjawabi semua pada chapter 5 yang juga makin seru ceritanya. Kayaknya sih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Kartu Anggota Osis SMK N 1 Purwodadi

Selamatkan Lahan Gambut, Bencana Indonesia Surut