Fight For National Univercity #Chapter3 #30HariDiGolanTepus





                 Kamu tahu kapan gambar diatas diambil? Sabtu pagi,6 Juni 2015. Rasa-rasanya baru kemarin momen itu terjadi,kala itu saya dipanggil dari kejauhan oleh Mas Abu buat ikut nimbrung untuk foto bareng diatas. Padahal saat itu saya belum sempat mandi,dan kaos belang yang ada dileher saya (itu bukan syal ya) itu adalah sebuah kaos kotor yang saya pake buat meredam keringat hasil dari main sepak bola di pagi itu.



Kredit khusus berupa pujian saya alamatkan kepada fotografernya yang saya sendiri tak tahu siapakah yang motret ketika itu. Walaupun foto diatas merupakan hasil editing saya pribadi,namun foto aslinya sudah cukup ciamik buat saya. Mulai dari komposisi foto,fokusnya hingga sudut pengambilan gambarnya benar-benar mengesankan,tidak ada yang saya edit untuk kategori itu,begitu pas,dan terlihat kalo yang motret udah biasa motret ataupun belajar fotografi (mungkin). Diatas saya hanya nambahin efek hitam putih biar keliatan jadul dengan saya yang masih warna-warni biar keliatan trendi. Hahaha buat peserta yang lain jangan ngiri ya... Nganan aja....



Tidak terasa durasi 30 hari begitu cepat berlalu. Banyak hal terjadi di BPUN Kudus 2015,mulai dari drama air mata hingga berbuah cinta. Bahkan ada juga cinta segitiga. Benar-benar memorable banget program ini. Nggak percuma saya dari Purwodadi join acara yang kayak beginian. Temen-temennya asik-asik,panitianya serta tak ketinggalan pula tentornya. Kita sering saling bercanda. Diketawain dan ngetawain tak ada bedanya,semua membaur seperti spectrum warna pelangi yang indah di langit nan jauh sana. Meskipun kini kita tak lagi bisa bersama seperti dulu,namun bukan berarti perpisahan itu berjalan selamanya. Kita pasti akan berjumpa kembali,tentunya di momen yang berbeda lagi.



Oke udahan ya seriusnya,rada capek nih isi kelapa. Eh maksudnya kepala...



Ngelanjutin chapter yang sebelumnya,kali ini saya udah nyampe pada Makrab alias Malam Pengakraban,atau juga bisa dikatain Mataf (Malam Ta’aruf) BPUN Kudus 2015. Malam Sabtu tanggal 8 Mei 2015,kita seluruh peserta BPUN Kudus 2015 dikumpulin di tengah lapangan Pondok Pesantren Zainal Chusain, Golan Tepus berpayungkan gemerlap indahnya langit saat itu. Kala itu,kami disuruh mas Abu untuk ngambil secarik kertas beserta alat tulis. Di kertas tersebut kami diharuskan menuliskan secerca biodata kami,dari nama lengkap,tempat tanggal lahir,dan alamat. Kertas itu dirotasi dari satu peserta ke peserta yang lain,dan peserta yang lain juga harus menuliskan secerca biodatanya di kertas milik kawan barunya. Dari situ saya tahu nama kawan-kawan baru saya dari Kudus bahkan Sragen di BPUN yang tidak dapat saya utarakan panjang lebar satu per satu disini.

Awalnya saya benar-benar kikuk dalam mengenal kawan-kawan baru saya di program ini. Teman sekelas saya saja belum kenal,terutama yang cewek tuh,jumlahnya banyak sih,seragam pake kerudung semua lagi. Kalo ngilatin wajahnya,nanti takut zina mata,malah dikirain naksirkan. Jadi bingung sendiri kalo gini. Seiring berjalannya waktu,hari-hari kita lalui bareng-bareng. Tiap hari Minggu dengan outbond,kecuali hari Minggu pertama yang jilung-jilung CFD’an di alun-alun kota Kretek.
Dan tiap Jum’at pagi yang ziarah mulu ke Makam Mbah Banten. Saya mengenal hampir semuanya,kecuali untuk beberapa peserta kelas IPA utamanya yang perempuan,yang sifatnya rada introvet. Saya kurang tahu itu.

Oh iya,tadi diatas saya nyebutin kalo ada cinta dan air mata di BPUN Kudus 2015. Kamu percaya akan itukah? Buat kamu yang belum percaya,saya akan ceritain itu semua beserta hal-hal menarik yang menurut saya ada di BPUN Kudus 2015. Langsung saja,cekidot gan!


 
1.   Cinta segitiga BPUN Kudus 2015,ini benar-benar terjadi lho yaa,bukan manipulasi maupun settingan seperti para pelaku seni di layar kaca baru-baru ini. Para kawan baru saya ini benar mau nglakuin apa saja buat orang yang dikasihinya. Meskipun gosip atau tidaknya saya sendiri kurang paham. Cieellah. Mereka ialah antara Sunia – Anwar – Anis yang diselimuti dengan genderang cinta segitiga. Sejujurnya saya kurang begitu ngerti jalinan kisah cinta segitiga mereka. Namun topik mereka selalu menjadi perbicangan hangat dan menghebohkan disetiap pembelajaran kelas,saat makan bersama,saat capacity building,maupun saat outbond. Hal ini benar-benar menghibur diri saya.

2.    Cinta segitiga yang lainnya datang dari rekan sekelas saya yang bernama Beny. Dia dikabarkan diapit oleh dua pilihan bidadari yang mempesona antara Ifa atau Unsa. Yang sayangnya dia sendiri nggak tahu arah melintangnya akan bagaimana. Lagi-lagi saya sendiri juga nggak begitu ngerti,(maklum bukan anak nggosip) yang sebenarnya cinta itu pihak Beny atau kedua bidadari tadi yang memperebutkan Beny sendirian. Entahlah? Hanya mereka dan Tuhan yang Tahu.

3.    Tak adil rasanya jika saya tidak memasukkan diri saya sendiri dalam list ini. Sebab,di BPUN saya juga sempat digosipkan dengan salah satu cewek kelas IPA. Yang padahal itu hanya gosip semata,berupa pembullyan cinta,yang terkadang tak ada banyak manfaatnya,cuma memeriahkan suasana.

4.   Selain dikabarkan terlibat cinta segitiga,Si Beny ini ternyata punya logat yang saya bilang unik. Kenapa? Tiap dia ngomong itu kebanyakan selalu dibumbuhin kata-kata ‘sih’ di akhir omongan. Contoh gini,”penake piye sih?”,”nek iso ojo ngono sih”,”aku yo setuju sih”. Yang kalo diperhatiin dengan seksama itu menurut saya jadinya lucu. Maklum belum pernah saya ketemu sama orang yang berlogat beginian.

5.    Orang berikutnya yang menurut saya menarik itu namanya Udin. Namun di BPUN dia akrab dipanggil ‘Dindinnn’ kayak bunyi klakson mobil tetanggga sebelah. Sebuah panggilan yang cukup antimainstream bagi saya. Nggak hanya itu,orang yang satu ini juga jadi orang yang paling asik kalo disuruh kedepan buat ngomandoin goyang watermelon BPUN Kudus 2015,dijamin pasti ngakak deh. 

6.    Oh iya,untuk drama air mata yang terjadi di BPUN Kudus 2015 itu sempat terjadi berulang kali. Kebanyakan semua terjadi saat kegiatan capacity building,dimana panitia sering mengundang para motivator baik yang dari kalangan profesional (yang benar-benar kerjaannya jadi motivator) maupun yang amatiran (yang baru saja jadi motivator ketika ngisi capacity building). Yang mengalirkan tetes air mata tidaklah sedikit,laki-laki perempuan sama saja kelakuannya. Untuk saya sendiri,alhamdulillah saya tidak sampai segitunya walaupun dada ini sempat gemeteran sesekali,disertai degup jantung yang begitu kencang. Namun tidak sampai meneteskan air mata. Bagi saya pribadi, itu tak ubahnya bagai drama telenovela,yang terkadang meskipun kita menangisinya,merenunginya,kita juga terkadang mudah melupakannya. Derai air mata bukanlah tolak ukur seberapa besar sebuah usaha,itu hanyalah bumbu dari peliknya usaha itu sendiri. Maka dari itu terus berjuang,senantiasa berusaha. Sebab hasil tidak akan pernah mengkhinati sebuah proses.

7.   Weh? Nggak terasa udah masuk ke list 7 aja nih,jadi inget acara tv yang isinya kurang lebih juga beginian. Apakah itu? Pikir ndiri. Di list ini saya akan critain salah satu tentor di kelas IPS yang saya pikir dia itu awesome banget. Namanya Pak Ichsan (tentor sosiologi) ,julukannya pak Ganteng kalo di kelas. Dia sendiri yang mengukuhkan kegantengannya saat awal-awal peserta kelas IPS berkenalan dengan beliau. Orangnya gokil,kocak,dan menghibur banget. Tiada tanpa tawa ketika pelajarannya. Dengan wajah yang bulat,dan jenggot yang mekar kemana-mana,ditambah senyum lucunya membuat dia tambah humoris dan menghibur disaat memberikan materi untuk SBMPTN 2015. 



Sejujurnya saya ingin ungkapkan,di chapter yang ketiga ini,saya cukup kelimpungan untuk mengetikkan apa yang sudah kami lakukan (kami peserta BPUN Kudus 2015) selama kurang lebih satu bulan,dari 8 Mei hingga 6 Juni 2015 selama di pondok pesantren Zainal Chusain,Golan Tepus. Banyak hal terjadi disana yang tak bisa kuhitung pake angka. Tidak hanya derai air mata,cinta segitiga,ataupun canda tawa, tetapi masih banyak lagi hal-hal selain itu yang terjadi disana. Seperti saat makan bareng,buka puasa bareng,sahur bareng,ziarah makam bareng,jum’atan bareng (khusus yang cowok),mandi bareng (eh bukan),pokoknya yang bareng-bareng deh,yang bersama-sama. Nggak bakal cukup dan nggak bakal kuat saya untuk mengetikkan semuanya hanya bertautkan blog pribadi. Kenangan selama sebulan ini mungkin tak akan terlupakan untuk beberapa hari kedepan,minggu,ataupun bulan. Namun saya percaya di masa tua nanti ketika kita sudah mendewasa,kita pasti lupa akan beberapa hal yang kita lalui saat di BPUN. Tapi jangan khawatir lah yaw,masih ada kok hasil dokumentasi panitia yang InsyaAllah mampu membuat kita,para peserta ini bernostalgia dengan hiruk pikuknya BPUN Kudus 2015. TERIMA KASIH UNTUK PARA PANITIA....

Nah... Maka dari itu saya langsung loncat aja ya ke momen seminggu sebelum pembubaran asrama BPUN Kudus 2015 yang kala itu terjadi di  hari Minggu,31 Mei 2015.

Hari itu ialah hari dimana orang tua peserta BPUN Kudus 2015 diundang untuk menghadiri ketemuan bareng yang diadain oleh panitia. Hampir semua wali hadir meskipun ada beberapa yang absen termasuk orang tua saya sendiri. Saya memang sengaja tidak memberitahukan undangan itu kepada wali saya. Bukannya saya kagak amanah. Jadi gini,saya bingung gimana nanti ibu saya ke ponpesnya,sementara beliau kagak bisa ngendarai motor,mana tepatnya cukup jauh dari Alun-alun Kudus. Gimana nanti wira-wirinya? Acaranya kan juga sore? Pulangnya gimana? Kalo malem kan nggak ada bis ke Purwodadi,kalo nginep,nginep dimana? Masak ya di pondok,tidak tegalah ini putramu bu... Ibu..... Sedangkan bapak lagi kerja di daerah nan jauh disana. Mendingkan nggak dikasih tau aja,biar nggak boros pulsa,lagipula peserta yang kagak hadir walinya juga nggak dapet konsekuensi kok, jadi ya dibikin nyante aja gitu.

Di acara itu,nggak disangka-sangka nih nama saya dipanggil buat foto kedepan bareng Unsa sama bapak-bapak dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus yang saya lupa namanya. Maaf ya pak. Cie si Beny cemburu nggak nih ye hahaha. Terus saya dikasih Kartu Tanda Anggota BPUN Kudus 2015 untuk yang pertama kalinya. Cukup gokil nggak tuh. Yang lain belum pada dapet,saya udah nyolong start duluan. Yang arek Kudus belum dapet,arek Purwodadi udah dapet duluan. Biasa aja sih,ente aja yang lebay.

Lanjut,acara itu selesai lumayan malam atau lebih tepatnya mau maghrib,karna hanya berselang beberapa menit saja kumandang adzan dilantunkan. Hari itu benar-benar melelahkan,namun perjuangan belum berhenti sampai di hari itu saja,masih ada waktu sekitar sepekan untuk perang yang sesungguhnya. Sebelum menuju ke medan perang,kami dipersiapkan panitia dengan kegiatan – kegiatan spiritiual yang mengasah hati ketimbang pikiran. Kegiatan itu berupa istighosah bersama dan ziarah ke makam salah satu wali yang ada di daerah Kudus yakni Sunan Muria. Semua itu demi tujuan awal kami datang kemari,berjuang di SBMPTN demi masuk PTN.



Sabtu,6 Juni 2015 dimana foto yang terpampang diatas diabadikan. Aura perpisahan benar-benar terasa,rasanya tak ingin berpisah. Apalagi semalam baru saja dihelat acara pentas seni dari kalangan peserta maupun panitia yang mengundang haru dan tawa. Keasikan pun tak lupa. Namun perpisahan itu wajib terjadi demi diri kita untuk mendewasa. Mengawali dengan bangun lebih pagi,para peserta BPUN Kudus 2015 asik beres-beres perlengkapannya sendiri,ada juga yang bersih-bersih disekitar lingkungan ponpes,ada yang bikinin sarapan buat kita-kita,karna ini sarapan terakhir kita bareng di ponpes Zainal Chusain,Golan Tepus dan ada pula yang ngurusi balon-balon. What? Balon? Iya balon,bukan berarti kalo ada balon ada yang ulang tahun gitu, haha bukan. Lha terus balonnya buat apaan? Hehehe balon-balon itu gunanya untuk nerbangin angan-angan kita (para peserta BPUN Kudus 2015) ke langit lepas biar bebas mengudara di angkasa sana,setinggi-tingginya sampai takkan ada yang bisa melampauinya. Waktu berjalan begitu cepat, tak terasa waktu sholat Dhuzur telah tiba. Ini menjadi sholat Dhuzur terakhir kita disini. Dan sholat terakhir saya di ponpes tersebut. Setelahnya disusul makan siang bareng terakhir,yang alhamdulillah menu makannya cukup menggugah selera. Detik berputar dengan nikmatnya hingga tak terasa semuanya telah kumpul bareng di mushola untuk acara pembubaran asrama BPUN Kudus 2015. Hati saya pun tak sabar menantikannya,karna hasrat untuk pulang dari detik satu ke berikutnya semakin menggelora. Pukul sudah menunjukkan hampir setengah 3 sore,firasat buruk mulai mengelayuti kembali,hari semakin sore dan saya takut kalo udah nggak ada bis arah ke Purwodadi. Acara berlangsung cukup lama menurut saya,dan hampir menguras rasa sabar saya. Namun saya tetap berpikiran tenang,kalopun udah nggak ada yaudah pasrahin aja,toh ya masih ada naungan di rumah salah satu rekan baru saya.



To be continued. . .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Kartu Anggota Osis SMK N 1 Purwodadi

Selamatkan Lahan Gambut, Bencana Indonesia Surut